Ingat saya
Cover



penulis : Gusti A.P.
dibuat : Friday, 09 January 2015 8:15 pm
diubah : 3 tahun yang lalu
vote cerita :
21 votes, average: 4.43 out of 521 votes, average: 4.43 out of 521 votes, average: 4.43 out of 521 votes, average: 4.43 out of 521 votes, average: 4.43 out of 5 (21 votes, rata-rata: 4.43 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

RUNEBLOOD SAGA: Return to Mannaz

SINOPSIS

RUNE BLOOD SAGA

Return To Mannaz

Rune Mannaz

 

It is the fear of what this means

which binds us to the realm of humankind.

 

Here I am, embracing my fear, 
keep it save inside my mind, just like a crystal clear
Here I am, kissing my fear. 
I hug him as I leave, and through the destiny I have to bear

(sedikit interpretasi tentang Rune Mannaz)

 

(The Tree of Yggdrassil, surrounded by 24 Runes of Elder Futhark. The picture was taken from a rune web)

 

Tak lama setelah pendudukan pemerintah kolonial Inggris di India berakhir, Sirius dan Orion, dua Rune Master yang berasal dari London, menjalani misi ke Bengali. Mereka harus mengawal seorang dokter yang  berniat mempelajari wabah kusta yang sedang merebak di sana. Sebagai Rune Master, Sirius dan Orion menduga wabah itu disebabkan oleh ulah kaum iblis.

 

Di tengah misi, mereka bertemu seorang gadis lokal yang secara mengejutkan memiliki bakat Rune Casting. Gadis itu adalah Sarasvati, anak seorang Brahmana di desa terpencil nan miskin di Bengali. Dengan suka rela gadis remaja itu membantu pekerjaan sang dokter di penampungan penderita kusta nan terkucil. Sarasvati menguasai Rune Casting dengan rune dasar Uruz. Rune penyembuhan.

 

Menyadari bakat Rune Casting Sarasvati yang langka, Sirius dan Orion tentu saja berniat membawa gadis itu ke London untuk bergabung bersama Avalon. Organisasi itu adalah kelompok rahasia yang menaungi para Rune Caster di Inggris. Sejak berabad-abad yang lalu, mereka bergerak secara rahasia untuk melindungi Kerajaan Inggris.

 

Kebencian ayah Sarasvati yang begitu mengakar pada orang-orang Inggris, menyulitkan Sirius dan Orion menjalankan niatnya.

 

Sarasvati adalah gadis yang kritis. Ia tak puas dengan bagaimana masyarakat tradisional India membatasi anak-anak perempuan dari akses pendidikan. Nekad, Sarasvati lalu memutuskan kabur bersama Orion dan Sirius ke London. Berharap dunia barat dapat memberikan masa depan yang lebih baik baginya. Meskipun Sirius tadinya tak setuju dengan cara ini, akhirnya ia terpaksa mendukung usaha Orion melarikan Sarasvati ke London. Mereka berhasil.

 

Di Avalon, Sarasvati menjalani pendidikan Rune Castingnya langsung di bawah bimbingan intens Orion dan Sirius. Ia mendapat nama panggilan baru: SARA. Sara ternyata seorang Rune Caster yang sangat berbakat. Dalam waktu singkat ia mampu menyusul kemampuan dua gurunya dan direkrut menjadi anggota tetap Avalon.

 

Saat inisiasi, Orion melamar Sara yang langsung diterima. Mereka pun menikah di London, dengan Sirius sebagai saksi. Keduanya tak tahu bahwa hal ini adalah pukulan berat bagi lelaki itu. Karena diam-diam ternyata Sirius menyimpan perasaan yang sama pada Sara. 

 

Setelah Sara dan Orion menikah, Sirius sengaja menjaga jarak dari keduanya. Di saat yang sama, ia mulai akrab dengan Arthur, Heinrich dan Selena, trio Rune Master Avalon yang dicap sebagai pembuat masalah. Sirius memutuskan keluar dari kelompok Orion dan Sara, lalu membentuk grup baru dengan kedua kawan barunya. Hal ini melukai hati Orion dan Sara begitu dalam.


Bersama Arthur, Heinrich, dan Selena, Sirius kemudian menemukan bahwa sesuatu yang aneh terjadi di Avalon. Mereka  memutuskan keluar dari Avalon dan membentuk grup reformis di Runechester, kota kelahiran Sirius. Apalagi, sebelumnya, dalam sebuah misi, Arthur tergigit vampir dan berubah menjadi vampir Level-E. Semakin besarlah alasan mereka untuk segera hengkang dari Avalon.

 

Kejadian ini meretakkan persahabatan Sirius dengan Orion dan Sara yang masih begitu pro dengan Avalon. Beberapa tahun kemudian, saat merintis Restavia Academy, Sirius didatangi oleh Orion. Lelaki itu memohon bantuan Sirius untuk membantunya membebaskan Sarasvati yang disekap oleh Avalon karena suatu hal. Padahal, Sara saat itu sedang hamil besar.

 

Sirius pun langsung pergi bersama Orion tanpa sempat memberi tahu Arthur, Heinrich, dan Selena. Di laboratorium Avalon, keduanya mendapati kenyataan yang begitu mengerikan dan tak terduga.

 

“Jika kau kembali dicekam keraguan,

berhentilah sejenak,

dan kembalilah pada Rune Mannaz. 

Awal dari segala awal.

Dari situlah kau akan menemukan kesejatian dirimu.”

(Sirius) 

Author’s Note:

Ini adalah prekuel dari novel Runeblood Saga: The Heir of Erilaz yang masih dalam tahap pengembangan. Jika konflik di The Heir of Erilaz cenderung lebih remaja, maka dalam Return to Mannaz, permasalahan yang disajikan lebih dewasa. Setingnya juga terpaut jauh. Di The Heir of Erilaz, setingnya di tahun 2011, sedangkan di Return to Mannaz, di era tahun 80-an. So if we’re talking about the present in The Heir of Erilaz, Return to Mannaz is mainly about the past.

 

Karena The Heir of Erilaz mau aku rombak dari akarnya, untuk sementara cerita itu kuhapus. Aku akan mengembangkan dasaran cerita dari Return to Mannaz ini. Back to Basic.

 

Isi naskah Return to Mannaz sendiri masih dalam tahap referensi. Aku mungkin akan membutuhkan waktu yang lebih lama untuk mengembangkan novel ini karena aku harus mempelajari sosial-budaya India di tahun 80-an, latar wilayah Bengali, dan pemikiran-pemikiran Rabindranath Tagore yang akan berkaitan dengan pengembangan karakter Sara. 

 

Kenapa setingnya di India? Karena cerita ini akan berhubungan sekali dengan karakter Shavita yang akan berperan penting di The Heir of Erilaz.

 

Karena kemungkinan besar akan mengambil isu wabah kusta, aku perlu membaca ulang buku Negeri Bahagia yang pernah diterbitkan oleh Qanita. Tentang dokter bule yang menjadi relawan untuk menangani wabah kusta di sana. Seting waktu dan tempat cerita Return to Mannaz bisa jadi akan berubah setelah aku membaca ulang novel itu. TRIVIA, setelah diterbitkan, novel itu menarik simpati dunia (karena kisah intinya didasarkan pada kondisi nyata) dan hasilnya jutaan dollar mengucur ke India untuk pembangunan Rumah Sakit bagi penderita kusta. Saat itu penderita kusta dibuang dari kasta dan menjadi gelandangan paria.

 

Bukti nyata bahwa sastra pun memiliki peranan yang esensial bagi perubahan dunia menuju ke masa depan yang lebih baik.

 

Special thanks, buat Sis Herlyanti, penulis Tarian Angkara Ogoh-Ogoh, Happy Birthday Rere, dan Ketika Jingga Pergi, yang bersedia menjadi teman diskusi dalam memperdalam elemen soal filosofi agama Hindu serta kehidupan kaum Brahmana yang akan jadi sangat vital dalam kisah ini.

 

Thanks juga buat Mbak Alantika yang sudah bersedia diajak curhat panjang lebar soal akar cerita The Heir of Erilaz.

 

Dan tentu saja salute for Senpai Wilson William dari grup World Mythology, yang sudah meyakinkanku bahwa serial Runeblood Saga ini layak untuk diteruskan :) Semoga aku bisa segera menyuguhkan cerita yang prima untukmu, Senpai. Hihihi XD

 

Bagi para Readers, yang kebetulan menguasai atau tertarik dengan topik-topik di atas, atau mungkin penggemar Rabindranath Tagore, feel free to discuss, coz I do really need to learn more.

 

Oh, dan Mannaz sendiri artinya The Self, Human, Mankind. Berfungsi menjernihkan pikiran dan meningkatkan energi spiritual bagi penggunanya.

 

Selamat membaca.

 

SALAM ERILAZ

 

May Odin give you wisdom, Thor protect you, and Loki give you laughter for this day. May The One cast Algiz to protect you, Raido to show you the path, and Sowelu to shine your days and night.



   28 komentar     |        976 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :
J4nnno J4nnno

Mana nih orangnya?

February 2, 2015, 11:27 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Hono hopo, J4nno? Haha. Hey. Congratz, ceritanya lgsung nangkring di #1. Pertahankan sampai akhir bulan ya.

    Aq vakum dri GWP Fbruari mgkin. Krna koneksi yg bkin gbisa update trus, quota mdem abis, g smpt ke warnet, msih masak materi cerita, n ikutan event nulis di dunia nyata.

    But I’ll be back :)

    February 4, 2015, 1:58 pm
    J4nnno J4nnno

    HEY KENAPA VAKUM? *jitak*
    Huhuhu :(
    Cepetlah isi modem .

    February 4, 2015, 4:25 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Udah, ni baru beli :( Tapi tetep ga bisa update ama ubah cerita. WHY???

    February 4, 2015, 5:18 pm
Farrahnanda Farrahnanda

wow kebencian India ke Inggris yang sulit hilang dibikin jadi pemicu konflik awal~ <3

January 17, 2015, 1:00 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Iya. Tapi ini tahun 80-an, jadi mungkin udah sangat jauh berkurang. Si Brahmana itu ceritanya kasus spesial. Dirimu menguasai soal sejarah India waktu kolonialisasi Inggris, kah?

    January 17, 2015, 1:37 pm
Christian Alexander samisa95

Nama tokohnya kaya nama dalam mitos” wkwk…

Tapi sirius n orion kek nama rasi bintang ya, oh ya buat seru yo klimaks nya

January 17, 2015, 9:49 am
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Iya emang XD Semua pakai nama mitos dan benda langit. Orion dan Sirius kan ada mitologinya juga :) Berpasangan sebagai partner…

    Akan diusahakan XD

    January 17, 2015, 1:35 pm
    Christian Alexander samisa95

    Sepertinya gabungan dari semua mitos juga wkwkwk

    January 17, 2015, 7:46 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    pokoke sing sik logis lah XD

    January 17, 2015, 11:41 pm
Rainychan rainychan

Eh…
Ku kira sudah ada cerita na..
Keasikan baca sinopsis na..
Padahal sudah mempersiapkan diri buat baca cerita na..
#headdesk

January 15, 2015, 4:24 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Ahaha thank you Rainychan. Ini ceritanya masih tahap referensi nih. Doakan lancar ya.

    Kalau mau bisa baca dulu Runeblood Saga: The Heir of Erilaz :3

    January 15, 2015, 4:30 pm
Ryan M. ryanmintaraga

Kalo denger kata “rune” jadi inget “Suikoden” :)

Hm, sepertinya harus baca prekuelnya dulu nih…

January 14, 2015, 7:22 am
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Ahahaha. Yg di Suikoden itu made-up Rune, Mas Ryan. Mereka bikin sendiri.

    Kalau yg ini konsep Rune asli Elder Futhark dari Norse Myth :3

    Ini prekuel, Mas. Sekuel kali ya maksudnya? Yg cerita ttg present, ada di Runeblood Saga: The Heir of Erilaz. Ada di page 1 kok, Mas hehe

    Terimakasih sudah mengunjungi ini juga

    January 14, 2015, 1:55 pm
Alantika Putri Alantika Putri

Asik-asik. Dia bikin prekuel runeblood lebih detil. Hahahaha. Cinta segitiga nih ye, Orion, Sara dan Sirius. XD
ciee ciee.

tapi aku baru sempet baca sinopsis. duh. lelet.
Voted dulu aja deh. Mentok ampe lima buat Gusti. Biar semangat ngelanjutin ceritanya. πŸ˜€

January 10, 2015, 3:03 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Membaraaa aku membaraaa XD

    January 10, 2015, 3:14 pm
    Alantika Putri Alantika Putri

    Hati-hati kebakar kamu. Wahahahahahahahaha. >.<
    Yah, kirain Mannaz udah ada bab nya T.T
    *angkat koper, balik lagi ke RUNEBLOOD Erliaz.

    January 10, 2015, 4:04 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Haha rada suwi ini Mbak. REferensinya benar2 menggoncang iman *iman buat nerusin *KRIK

    January 10, 2015, 5:00 pm
Jaa Pramana jaa d.

Collected…
jadi teringat novel Gabriel Garcia Marquez campur The Battle of Maldon karya salah seorang pengarang Anglo-Saxon yang aku lupa namanya πŸ˜‰

I think your story will be completed.
semua “rasa” ada disitu :)

I hope this story will be better and better
sepertinya akan keren untuk selanjutnya

sejauh ini belum ada yang bisa kukomentari
baik tentang setting tempat maupun bahasa

ditunggu kelanjutannya
ciaooo Gusti πŸ˜‰

January 10, 2015, 12:47 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Novel Gabriel Garcia Marquez ada yang setingnya India? The Battle of Maldon itu apa? Apa yang bisa kupelajari dari situ? Thanks ya share reference-nya πŸ˜€

    I hope it so πŸ˜€

    January 10, 2015, 2:08 pm
Rexa Strudel Rexa Strudel

weeew di- reboot…
aku voted n koleksi lagi
lanjuuut ^^

January 9, 2015, 11:57 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    di-reboot dikit Mbak XD Masih ngereferensi *peras keringat dua ember. Thanks a lot :3

    January 10, 2015, 1:39 am
Christopher Salim

Ditunggu lanjutannya πŸ˜€ keliatannya bakal keren
Mampir balik ya ke cerita aku

January 9, 2015, 11:02 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Thanks Chris πŸ˜€

    January 9, 2015, 11:24 pm
Eka Herlyanti Herlyanti

hwaaaa, ternyata dikau reboot toh cerita ini? πŸ˜‰ hi hi ada namaku disebut2 di sini.. senangnya.
wah… tambah serius aja nih ceritanya Gus. mitosnya kusta berasal dari kutukan? jujur aku baru dengar itu dari sini. selamat melakukan riset ya Gus. kalo ada apa2, aku siap bantu :) semangat! malam ini aku mau baca ota-kata bab 2. semangat! aku vote 5, karena sepertinya cerita ini menjanjikan sekali. :)

January 9, 2015, 9:23 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Wuih suppa! XD Ditambahi dikit langsung dapat hadiah bintang 5. Thanks Mbak Herly ohohohohoho XD

    Iya menurut seniorku, ada mitologi seperti itu. Kusta itu kutukan Tuhan. Atau kutukan setan. Masih mau kureferensi.

    Murid kudu nyebut gurunya di credit title dong. Mwahahahah

    Tadi aku penasaran dan ngetes sistem lagi sih. Cerita ini kuposting ulang, terus kugunakanlah hak voteku *huahahah

    *TING, poinku langsung nambah @_@ *kayake memang yg nambah ke skor secara signifikan cerita yg diupdate bulan itu juga. *tapi aku tak tahu apakah cerita bulan lalu bener2 ga nambah skor

    *tadi aku percobaan sama penulis Top 10 lainnya, kuvote naskah2 mereka yg bulan lalu. Score personalnya ga nambah @_@ *lah…

    January 9, 2015, 9:37 pm
    Eka Herlyanti Herlyanti

    hihihi dikau suka bereksperimen ya? :) aku vote lima karena sptinya ini akan butuh byk riset. aku jg baru tau kalo aku gak bisa vote cerita yg sama sbnyk 2 kali. kemaren aku mampir ke ceritanya alantika yg harta jakarta. aku vote 3 krn br baca sinopsis, sisanya besok aku mau vote. td mampir kesana buat komen dan vote lg tp ternyata gak bisa. :) okeh, lanjutkan risetnya Gus :)

    January 9, 2015, 9:57 pm
    Gusti A.P. Gusti A.P.

    Iya Mbak. Aku juga pernah kayak gitu ke satu teman sekomunitas. Awalnya kuvote ke-3. Ternyata sisanya bagus. Mau ngoreksi vote tak bisa. *nasib >< *aku minta maaf habis-habisan ama dia.

    Iya, jadi ntar pas GWP3 dimulai, naskah-naskah jagoannya Mbak, diposting ulang wae di awal bulan hehehehe

    Ukiiii, sankyuuu :)

    January 9, 2015, 11:22 pm

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama