Ingat saya
Cover



penulis : rizkachika
dibuat : Friday, 17 November 2017 1:41 pm
diubah : 1 bulan yang lalu
vote cerita :
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, rata-rata: 5.00 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

Pikiran, Sikap, dan Hidupku: Memoar seorang transgender memaknai perjalanan hidup

SINOPSIS

Sebuah memoar seorang transgender memaknai perjalanan hidup. Masa lalunya tak mudah.  Ia kerap didiskriminasi, direndahkan, dan di-bully banyak orang. Namun, hidup yang sulit itu justru membentuknya menjadi sosok tegar, tangguh, dan tahan banting. Menanggalkan nama asli Ario Pamungkas menjadi Merlyn Sopjan, ia kemudian aktif bergerak menciptakan berbagai perubahan signifikan.

Ia memang kenyang pengalaman didiskriminasi. Tapi, bukan hal itu yang membuatnya melangkah mantap menjadi aktivis memperjuangkan HAM. Keterlibatannya secara aktif dalam berbagai komunitas, LSM, aktivitas relawan, dan gerakan sosial, tak hanya untuk kepentingan kaum transgender, tapi juga semua manusia. “Kepekaan saya soal gender dan HAM adalah untuk Indonesia yang majemuk. Sebab itulah kekayaan kita,” katanya. 

Berbagai prestasi bergengsi seperti Putri Waria 2006 dan Finalis Saparinah Sadli Award 2014 tak  lantas membuatnya jumawa. Penghargaan adalah bonus semata. Tolak ukur keberhasilan hidup  sesungguhnya bagi Merlyn adalah ketika dirinya sukses memperjuangkan HAM dan membebaskan seseorang dari diskriminasi. “Terlebih bagi transgender. Saya ingin mereka mendapat hak setara dalam pekerjaan. Agar mereka tak melulu bekerja menjajakan diri di jalanan,” katanya, penuh harap.

Melalui buku ini, Merlyn blak-blakkan mengisahkan perjalanan hidup, buah pikiran, cinta sejati, dan bagaimana ia berjuang melawan diskriminasi. Ditulis oleh Rizka Azizah.



   2 komentar     |        86 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :
aya wijaya ayawijaya

Salam kenal Kak Rizka…
Kisah LGBT bagi saya selalu menarik dan hangat untuk dibicarakan. Bahkan belakangan ini saya pikir meski termarginalkan jumlahnya berkembang kian pesat–entah ini perasaan saya aja atau memang begitu.
Ditulis dg POV 1 membuat sy sbg pmbaca merasa dekat dengan sosok Merlyn, bahkan saya berpikir apa ini tulisan Merlyn 😀 karena dalam beberapa bagian ada kata-kata “….dalam buku ini” sy jd penasaran apa ini sudah dibukukan? Sempat browsing tapi nggak nemu.

Sukses untuk karya2nya.

November 20, 2017, 2:45 pm
    rizkachika

    Halo, Aya…
    Salam kenal juga, ya! Terima kasih banget sudah menyempatkan baca cerita tentang Merlyn Sopjan. Buku ini sedang proses finishing. Lagi digarap epilog dan mengumpulkan testimoni-nya. Naskah di buku ini ditulis oleh saya, Rizka Azizah, berdasarkan wawancara langsung dengan Merlyn Sopjan. Semoga dalam waktu dekat bisa segera dirilis, ya. Terima kasih banyak! :)

    November 22, 2017, 11:49 am

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama