Ingat saya
Cover



penulis : Dede Ubaidillah
dibuat : Tuesday, 27 February 2018 9:56 pm
diubah : 6 bulan yang lalu
vote cerita :
1 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 51 vote, average: 5.00 out of 5 (1 votes, rata-rata: 5.00 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

Perlak Perlip

SINOPSIS

Kerlip cerita muncul setelah tiang kabel telepon yang dihantam seorang pengendara sepeda motor karena menghindari suatu tabrakan itu terjungkal dan secara kebetulan jatuh ke tengah jalan. Bule, yang anggapannya selaku pelaku utama insiden tersebut berani berbaik hati dan rela bertanggung jawab atas apa yang telah terjadi pada seorang perempuan kena sial tertimpa tiang itu. Ini jadi asal-muasal Bule mendapatkan cinta pertamanya. Sekaligus awal sebuah malapetaka bagi usaha perfotografian Ceukrek Cantik Sana Sini. Karena, uang yang dipakai Bule untuk memperbaiki sepeda motor dan membawa perempuan kena sial itu ke Puskesmas adalah modal usaha Studio Foto.

Berpadu dengan cerita seorang perempuan bernama Maesaroh yang selalu dirundung nasib naas soal asmara dan ketidakpastian jodohnya. Penulis kembali memadukan dua kisah tersebut: Kisah Bule dan Maesaroh, dengan sebuah mitologi kampung akan cara pandang terhadap keberhasilan usaha orang-orang pribuminya.

Ditambah dengan persoalan seorang pemuda bernama Mamin yang baru kena PHK, dan konflik bebuyutan antara Pak JI vs Rofi’I yang seakan tak pernah berkesudahan. Menjadikan novel ini tampak berliku-liku namun apik seperti kerlip-kerlip cerita dalam mimpi. Pula menjadi alasan akan penggunaan nama Bab pada novel Perlak Perlip ini. Penulis juga mengajak pembacanya untuk masuk ke dalam sebuah lamunan yang memang sudah didisign untuk merangsang sekaligus mengilas-balikkan mimpi-mimpi lama para pembaca dengan kesan menangkap isi cerita sesuai versinya sendiri.

Setelah Bule dan Maesaroh bertemu cinta. Judul pada novel ini barulah terasa akan kearah mana jalan ceritanya. Namun setelah Mamin kembali ke kampung, dan ternyata ia bersangkut paut dengan kisah Maesaroh akan ketidakpastian jodohnya itu. Bahwa Mamin dan Maesaroh telah melakukan sebuah janzi ikatan pinang meminang sebelumnya ketika mereka masih bekerja di ibu kota. Sementara Mamin yang memang kawan sedari kecilnya Bule, bahkan mereka berjulukan pinang dibelah dua itu jadi tak akur lantaran mencintai perempuan yang sama.

Dengan latar sebuah perkampungan tambak pasir dan batu. Wawan Setiawan, tokoh aku dalam cerita ini. Berperan sebagai seorang guru honorer di suatu lembaga pendidikan madrosah swasta yang baru tiga tahun mengarungi bahtera rumah tangga. Karena sebuah tuntutan pribadi seorang ayah dalam hal kemelaratan perikehidupannya menjadi seorang pendidik yang masih nebeng pada orang tua, ia sesumbar akan membangun sebuah rumah dengan tangannya sendiri. Sehingga, Wawan berani berkubang dalam tambak pasir angker dan mengumpulkan material lain dari bangunan itu dengan tangannya sendiri. Dengan komando dari seorang Tukang kawakan, Wawan dibantu Mang Mar mewujudkan mimpinya tersebut.

Puncak konflik pada novel ini ketika Mamin kembali menarik ulur ikatan pinangannya dengan Maesaroh. Mamin sepebuhnya menyadari bahwa alasannya demikian adalah patut. Karena pada kenyataannya Mamin mengucap akan meminang adalah suatu alasan agar Maesaroh berhenti kerja dan kembali ke kampung. Ini buah dari hasil kongkalingkongnya dengan Fatonah, sahabat Maesaroh sendiri. Karena dengan begitu, Mamin dan Fatonah bisa leluasa menjalin kasih terlarangnya. Dan, dimana saat itu Bule berniat kembali menjalin tali kasihnya menggantikan posisi Mamin, namun Maesaroh telah kembali kerja ke ibu kota.

Konflik lain juga turut meletus ketika Pak Ji dan Rofi’I mulai menggujingkan hadap fondasi bakal rumah Wawan. Dua orang tua itu bersi keras hingga berujung pada satu perlombaan Agustusan. Dimana kelompok siapa yang berhasil menggapai puncak tertinggi dalam permainan panjat pinang tersebut, kelompok itulah yang berhak menentukan hadap rumah Wawan kelak, sekaligus menjadi raja diraja atas konflik bebuyutan mereka.

Pada akhirnya, tali temali kisah ini mengesankan pada pembaca, bahwa ini hanyalah sebuah kisah pembuka. Perlak Perlip disusun dan dirancang untuk peneguhan dalam penulisan novel-novel selanjutnya.



   1 komentar     |        322 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :
Fitriah

Sinopsisnya keren, bikin pnasaran..

February 28, 2018, 12:30 am

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama