Ingat saya
Cover



penulis : Lies Budyana
dibuat : Wednesday, 06 September 2017 7:38 pm
diubah : 2 bulan yang lalu
vote cerita :
18 votes, average: 4.50 out of 518 votes, average: 4.50 out of 518 votes, average: 4.50 out of 518 votes, average: 4.50 out of 518 votes, average: 4.50 out of 5 (18 votes, rata-rata: 4.50 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

Orangtua TegaR Anak Tangguh

SINOPSIS

Buku parenting ini ditulis untuk membantu orangtua dalam mengasuh dan melatih anaknya menjadi seseorang yang tangguh, yaitu memiliki daya juang, tidak mudah menyerah, dan mampu menemukan kembali kekuatannya setelah terjatuh. Anak-anak yang tangguh, akan mampu menghadapi setiap masalah di dalam kehidupannya setelah dewasa.

Belum terlalu banyak buku dan artikel parenting dalam Bahasa Indonesia yang membahas tentang resiliensi (ketangguhan). Istilah ini bukan hanya terkait dengan kemampuan untuk bertahan dalam penderitaan, namun merupakan ‘daya lenting’ atau kemampuan seseorang untuk memantul kembali ke atas setelah ia mengalami keterpurukan, kesusahan, maupun kejatuhan. Resiliensi bukan sekadar daya juang yang membuat seseorang mampu bertahan ketika badai kehidupan menerpa, namun juga kemampuan untuk mencari jalan keluarnya.

Konsep resiliensi bukanlah sesuatu yang baru, namun banyak orangtua dan guru yang belum memahaminya. Buku ini memaparkan hal-hal yang memengaruhi pembentukan resiliensi, di antaranya: kemandirian, harapan, pengambilan keputusan, tanggung jawab, perhatian, perasaan dicintai dan mencintai tanpa syarat, hubungan yang terpercaya, dukungan emosional keluarga inti maupun noninti, dan juga moralitas serta kepercayaan kepada Allah. 

Buku ini juga disertai teori psikologi yang disampaikan penulis dengan bahasa sehari-hari. Ilustrasi berupa kisah nyata yang dialami penulis, baik sebagai pendidik maupun seorang ibu, makin membuat buku ini menarik untuk dibaca.

            Buku ini terdiri atas 10 bab, dimana di dalamnya dibahas secara mendetail bagaimana cara orangtua bersikap  TegaR (Tega namun Ramah) untuk membentuk anak yang tangguh:

  1. “Bertanggungjawab terhadap Pilihan” membahas tentang perlunya melatih anak untuk membuat keputusan, juga bertanggung jawab terhadap dampak dari keputusan yang diambilnya.
  2. “Beradaptasi dalam Tantangan Pergaulan” membahas juga permasalahan yang terjadi dalam hubungan anak dengan teman-temannya, yang akan turut membentuk resiliensi anak.
  3. “Belajar untuk Meminimalkan Proyek Terbengkalai” adalah tema lain yang menarik. Anak beresiliensi tinggi akan menuntaskan setiap tugasnya walaupun dihadang banyak kesulitan dan berbagai halangan.
  4. “Berkah Tersembunyi” membahas bahwa resiliensi yang dimiliki anak, akan membuatnya mampu  melihat manfaat tersembunyi dan kebaikan di balik setiap peristiwa buruk yang dialaminya.
  5. “Berpijak pada Harapan” adalah bab yang membahas tentang Thomas Alva Edison, sebagai  contoh dari  individu yang resilien, yang mampu mengontrol emosi, yang tetap berusaha  melihat hal positif di setiap badai kehidupan yang menerpanya. Thomas Alva Edison tidak membiarkan dirinya hanyut dalam kesedihan dan keterpurukan.
  6. “Terus Berjuang hingga Akhir”  adalah bab yang mengisahkan tentang kehidupan Walt Disney. Ia menjadi contoh dari seorang individu yang mampu menyelesaikan konflik dan mengubah situasi yang mengganggu menjadi sumber kesuksesan.
  7. “Berani Memotivasi Diri” merupakan bab yang  memaparkan kehidupan Oprah Winfrey, sebagai contoh individu resilien yang memiliki komitmen untuk mewujudkan masa depan yang gemilang. Ia tidak menjadi seseorang yang negatif walaupun berada di tengah-tengah suasana yang sangat negatif.
  8. “Berlatih Berjuang” akan mengajak pembaca untuk menjadi seorang individu yang resilien, yang mampu menghadapi kesulitan dan trauma, melihat setiap masalah yang datang sebagai ajang untuk berlatih meningkatkan daya resiliensi serta memperoleh pengalaman baru yang menantang.
  9. “Bentuklah Sekutu Anda” adalah bab yang memaparkan tentang kebutuhan terhadap banyak pihak dalam mendidik anak, terutama dalam membentuk resiliensinya. Kerja sama yang baik antara keluarga, pendidik, dan masyarakat  sangat dibutuhkan untuk melengkapi anak-anak untuk dapat memiliki resiliensi yang tinggi, sehingga mampu menghadapi berbagai bentuk tantangan.
  10. “Bagaikan Bola Bekel” menjadi bab yang tak kalah menarik. Resiliensi di ranah diskusi sering dipandang seolah-olah merupakan sifat inheren atau sesuatu yang diwariskan dari orangtua, namun sesungguhnya, resiliensi bukanlah kemampuan yang diperoleh secara langsung sejak lahir ataupun diturunkan secara genetis, melainkan suatu kemampuan yang dapat dipelajari, dikembangkan, ataupun diperbaiki disepanjang kehidupan seseorang.   


   12 komentar     |        447 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :
Peter Ang

Tulisan yg sangat inspiratif dan memberkati saya pribadi sebagai orangtua. Menjadi orangtua yg TegaR tidaklah mudah namun wajib dilakukan untuk menjadi ortu yg baik dan mendewasakan anak kita. Good job Ci…

September 13, 2017, 11:03 pm
Lies Budyana Budyana

It surely is

September 12, 2017, 8:44 pm
yohantio

kupu-kupu bisa terbang setelah mengalami “sakit” dan bagaimana ia bisa mengatasi “sakit” itu dengan resiliensi yang ia punya. orang tua yang ingin anaknya “terbang” dengan sayapnya sendiri wajib baca buku ini.

September 11, 2017, 12:46 pm
    Lies Budyana Budyana

    Resiliensi jugalah yang memampukan orangtua mengatasi rasa sakit untuk tabah menghadapi proses sakit ananda tercinta menuju suksesnya.

    September 12, 2017, 8:39 pm
Yohan59

Orangtua yang tidak ingin punya anak tangguh tidak usah membaca buku ini, buku ini bukan untuk orangtua yang ingin anak-anaknya menjadi seadanya…

September 9, 2017, 5:53 am
    Lies Budyana Budyana

    Berharap buku ini mampu menginspirasi orangtua diatas rata rata untuk menjadikan anaknya mampu melebihi rata rata

    September 12, 2017, 8:41 pm
krisna

Recommended book for parents

September 8, 2017, 8:16 pm
Eunike Widi

πŸ‘πŸ‘good book..recommended for parents 😊

September 8, 2017, 4:20 pm
nevrending

Buku yang baik dan membantu saya menjadi orang tua yang lebih baik lagi

September 7, 2017, 9:22 pm

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama