Ingat saya
Cover



penulis : Dera Nugraha
dibuat : Wednesday, 07 February 2018 10:11 am
diubah : 9 bulan yang lalu
vote cerita :
0 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 50 votes, average: 0.00 out of 5 (0 votes, rata-rata: 0.00 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

Kampung Inggris di Tulungrejo (Studi Fenomenologis Komunikasi Antarbudaya)

SINOPSIS

Di era global dinamika perpindahan penduduk antar kampung, antar desa, antar kota, bahkan antar negara, dengan beragam latar belakang serta tujuannya tidak bisa dihindari. Disisi lain sudah tidak diragukan lagi, bahwa Indonesia adalah negara dengan sejuta budaya. Keadaan ini dapat dipastikan menyuburkan pertemuan antarbudaya yang selalu mengandung unsur komunikasi antarbudaya dengan beragam intensitasnya.

Fakta adapetasi (sebagai bagian dari komunikasi antarbudaya) yang terjadi kepada para pendatang selalu melibatkan motif kepergian yang bersangkutan dari tempat asalnya, pengetahuan dia sebelumnya terhadap budaya di lingkungan baru, identitas budaya yang dirasakan ketika menemukan perbedaan-perbedaan di lingkungan baru, serta perilaku adaptifnya sebagai suatu konsekwensi dari kehidupan sosial. Tulisan ini membahas bagaimana ke empat faktor tersebut terjadi kepada para pendatang Kampung Inggris di Tulungrejo Pare Kediri Jawa Timur.

Motif kedatangan yang ditemukan antara lain jenuh di rumah, mengisi liburan semester, pemanfaatan waktu, persiapan mengikuti test untuk melanjutkan studi, dan membuka kursus private. Prilaku statis dan dinamis terjadi terjadi diantara mereka. Sebagai sikap atas identitas budaya ‘baru’ yang dirasakan secara beragam.

 

          Kaca mata yang digunakan adalah fenomenologi. Memotret apa yang terjadi berdasarkan interpretasi pelaku secara langsung dan utuh. Bagi siapa pun yang tertarik dengan topik budaya, komunikasi, dinamika sosial, serta penelitian kualitatif, buku ini akan membantu memperkaya wawasannya.



   0 komentar     |        176 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama