Ingat saya
Cover



penulis : Dimas Joko
dibuat : Friday, 05 December 2014 5:38 am
diubah : 3 tahun yang lalu
vote cerita :
24 votes, average: 4.63 out of 524 votes, average: 4.63 out of 524 votes, average: 4.63 out of 524 votes, average: 4.63 out of 524 votes, average: 4.63 out of 5 (24 votes, rata-rata: 4.63 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

[CERPEN] JANJI PARA LELAKI

SINOPSIS

Sementara semua anak, laki-laki dan perempuan, belajar mengaji di dalam surau, sesosok tubuh mungil mengintip dari balik jendela. Mengintai dari lubang gedheg yang berlubang. Ketika murid-murid melafalkan huruf-huruf hijaiyah, dia juga menggumamkannya. Saat anak-anak di surau menghafalkan surat-surat pendek, dia ikut mengingatnya kuat-kuat.

Walau halilintar menyambar-nyambar, mendung hitam bergumpal-gumpal dan hujan badai mengguyur dari langit, dia bergeming di tempat rahasianya.

Meski puluhan kali dia dihajar dan dicaci-maki. Anak bertubuh kecil itu tetap tekun belajar mengaji. Mencuri lihat di bawah ancaman kebencian, permusuhan dan penganiayaan.

Warga kampung menyebutnya, ANAK HARAM.

Anak yang sama sekali tidak diharapkan. Anak najis yang akan menodai kesucian tempat ibadah. Anak yang tidak diterima masyarakat. Anak yang terkutuk dan akan membawa sial. Anak yang harus dijauhi.

Siapakah dia?

Mengapa meski menerima perlakuan semena-mena dan kerap menderita luka-luka, dia terus datang dan belajar mengaji?

Bagaimana tokoh AKU, yang sempat termakan hasutan, akhirnya berhasil menguak jatidiri anak misterius itu?

Sebuah jurang lebar nan dalam menganga di antara si AKU dan si ANAK HARAM. Keduanya adalah musuh bebuyutan. Namun, sebuah peristiwa luar biasa mengubah cara pandang si AKU terhadap si ANAK HARAM. Kejadian apakah itu?

Simak kisahnya berikut ini.

**000**

Catatan:

Cerpen ini pernah dimuat di Republika, 2 Juni 2013. Saya rombak sedikit untuk menyelaraskan gaya cerita dan bahasa. Cerpen ini lantas saya rombak lagi untuk menjadi sebuah draft yang lebih panjang, detil dan sempurna dalam LASKAR HARIMAU, novel religi dengan roman sejarah.

Jika engkau suka dengan kisah ini, tinggalkan komentar dan VOTE ya. Terima kasih.



   22 komentar     |        1,284 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :
Hayyu Ra Hayyu Ra

Wah… Keren banget… Siiip

January 14, 2017, 7:33 am
muhammad burniat muhammad burniat

5 Star lagi buat kakak Dimas. Ilmunya jangan lupa dibagikan kepada saya kak :)

December 19, 2014, 9:24 pm
    Dimas Joko Dimas Joko

    Terimaksh dik. Lha mana karyamu? Atau mau add fb sy?

    December 21, 2014, 6:12 am
Jahar Jahar

Keren.. semoga saya juga bisa tembus ke republika mas :)

December 19, 2014, 3:58 pm
    Dimas Joko Dimas Joko

    Ayo mas, berjuang. Km pasti bisa!

    December 21, 2014, 6:10 am
Venny Mandasari Isa Venny Mandasari Isa

kereeen… Republika banget karena mereka memang memuat tema islami. Saya ternyata sudah beberapa kali mengunjungi tulisan mas tapi cuma memberi vote :)

December 18, 2014, 8:43 am
    Dimas Joko Dimas Joko

    Terimaksh atas lawatan dan vote kk. Jazakillah khoir. Wah sy mesti melawat balik nih…

    December 21, 2014, 6:13 am
Adit Pramuditya Adit Pramuditya
December 17, 2014, 7:45 pm
Irfan Maulana

luar biasa karya anda

December 15, 2014, 6:58 am
    Dimas Joko Dimas Joko

    Terimaksh mas. Tp ini msh bnyk lemahnya. Krn itu, sy rombak jd novel, laskar harimau.

    December 21, 2014, 6:15 am
keyzakiah keyzakiah

Pantaslah Republika memuat karyamu, kak. :)
Semoga sempat mampir ke tempatku untuk meninggalkan komentar di ceritaku :)

December 10, 2014, 6:15 am
    Dimas Joko Dimas Joko

    Sdh sy kunjungi keyzakiah. Mohon ingatkan jk lupa

    December 21, 2014, 6:16 am
Ayu Kristiana Ayu Kristiana

menarik… suka suka :)

December 9, 2014, 5:22 am
Christopher Salim

Bagus πŸ˜€
Cerita aku mungkin butuh saran lagi dari penulis berpengalaman kayak anda.

December 5, 2014, 5:50 pm
    Dimas Joko Dimas Joko

    Ada cerita br, dik? Seingat sy sdh bbrp sy cek

    December 21, 2014, 6:18 am
Muhammad Hanif Al-Fikry Muhammad Hanif Al-Fikry

Afwan nih, Mas Dimas. Kalau dari segi alur cerita gaya bahasa dan tata penulisannya udah nggak diragukan lagi. Tapi mengenai kejelasan tentang status “Anak Haram” itu sebenarnya nggak ada. Setiap bayi itu dilahirkan dalam keadaan fitrah (Suci atau bersih). Hal ini akan membawa image buruk bagi kehidupan nyata. Semisal seseorang yg (maaf) hamil diluar nikah, mereka akan menanggung malu hingga berdampak pada pembunuhan bayi yg tak bersalah. Oleh karenanya, seorang masterpiece penulis seperti mas dimas ini mungkin bisa membuat ide cerita yg lebih menggugah, positif dan bermanfaat untuk para pembacanya. Afwan jika tdk berkenan ^^

December 5, 2014, 4:21 pm
    Dimas Joko Dimas Joko

    Iya, saya paham soal itu, Adik yang cakep. Tapi ini cuma fiksi. Dan sudilah engkau mengingat latar sosial budaya saat cerpen ini berlangsung. Saya hanya menggambarkan hal itu.

    Justru jika, sudi menyimak kisah ini sampai tuntas, engkau akan mengerti pesan moral tersirat yang sebenarnya hendak saya tegaskan kepada para pembaca.

    Kritik saya terima kok. Nasihatmu selalu saya ingat. Jazakumullah khoir ya.

    December 5, 2014, 5:21 pm
hensa Hendro Santoso hensa

Mas Dimas….Cerpen yg inspiratif tentang anak haram yg seolah-olah harus menanggung dosa orang tuanya. Vote 5 stars. Salam sukses.

December 5, 2014, 1:43 pm
    Dimas Joko Dimas Joko

    terima kasih pak Hensa yg baik sudah berkenan singgah lagi di lapak saya.

    Iya, itu salah satu pesan moral yang hendak saya tekankan dalam cerita.

    Kenapa masyarakat gemar mengadili seseorang yang sama sekali belum tentu bersalah hanya krn masa lalu orangtuanya?

    Moga bisa jadi bahan renungan bersama.

    Jazakumullah khoir atas votenya. Betewe, karya baru Bapak mana?

    December 5, 2014, 5:22 pm
Alfy Maghfira alfycassiopeia

Nice. :)
Mampir blik ya? Ditunggu

December 5, 2014, 5:50 am
    Dimas Joko Dimas Joko

    Insya Allah jika sdh longgar. Sdg ada kerjaan. Ini saya paksakan utk posting cerita krn ikhtiar utk meraih impian jd penulis hrs tetap sy perjuangkan. Di sela-sela kesibukan.

    Sabar ya, teman.

    December 5, 2014, 5:23 pm

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama