Ingat saya
Cover



penulis : Ali Eff Laman
dibuat : Thursday, 03 May 2018 5:09 pm
diubah : 1 bulan yang lalu
vote cerita :
4 votes, average: 4.50 out of 54 votes, average: 4.50 out of 54 votes, average: 4.50 out of 54 votes, average: 4.50 out of 54 votes, average: 4.50 out of 5 (4 votes, rata-rata: 4.50 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

#GantiPejabat : Birokrasi Setengah Hati

SINOPSIS

Izan  adalah sosok pemuda idealis, cerdas dan berani. Dia menjadi Pegawai Negeri Sipil atas keinginan ayahnya. Ayahnya adalah mantan PNS yang mengundurkan diri karena menghindar dari lingkungan birokrasi yang masih menjalankan budaya koruptif. Mereka tinggal di Kota Jambai sebuah kota kecil di Sumatera Tenggara.

Izan dan ayahnya hidup sederhana jauh dari gaya hidup mewah, meskipun kakeknya mantan bupati, pamannya walikota  dan keluarga besarnya adalah orang-orang terpandang. Sepeninggal ayahnya, Izan mendapatkan warisan idealisme dan selalu terbawa baik dikehidupan sehari-hari maupun dalam dunia kerjanya.

Sering ia menyaksikan prilaku koruptif para birokrat, sehingga Izan bertekat untuk mengubah semua itu, memperbaiki citra PNS yang dikenal sebagai sarang tikus-tikus koruptor. Sepanjang menjalani karirnya Izan selalu menemui hambatan, dipermainkan saat seleksi tugas belajar, karir yang terhambat, diskriminasi profesi.

Selepas menjalankan tugas belajar izan kembali ke kampung halamannya, namun Izan masih merasakan lingkungan yang sama. Izan mengikuti seleksi mutasi dan lulus, lalu pindah kerja ke Provinsi Jakaruta, sebuah Provinsi baru di Negara Republik Indoasia.  Jakaruta tumpuan harapannya mewujudkan idealisme, dengan kecerdasannya Izan mendapatkan karir yang baik. Mulai jabatan pertamanya sebagi kepala seksi di kelurahan, di sinilah ia mulai menyadari ada yang salah dalam dunia birokrasi.

Pergantian pemimpin Jakaruta, mengubah sistem karir PNS Jakaruta, Gubernur yang baru sosok idealis menerapkan sistem uji kompetensi dengan leleng jabatan. Di sinilah karir Izan makin naik, Ia menjadi lurah dan berprestasi, meningkat jabatan menjadi Kepala Kantor. Banyak pihak yang merasa keberadaan Izan adalah sebuah ancaman sehingga berbagai upaya untuk menjatuhkan karir Izan tetapi gagal karena Izan masih dilindungi oleh pemimpin Jakaruta yang sejalan dengan idealismenya.

Berubahnya suhu politik di Jakaruta, berujung dimakzulkannya pemimpin Jakaruta. Dimasa transisi kepemimpinan, orang-orang yang dendam dengan Izan mulai mencari kesempatan. Melalui konspirasi Izanpun dijatuhkan dari jabatannya sampai ke titik nol karir. Sebuah pertunjukan ketidakadilan yang sungguh nyata dialaminya.

Hancurnya karir Izan tidak membuat hidupnya hancur, justru Ia menjadi sadar dan mendapat Jawaban mengapa ayahnya memintanya menjadi PNS, perubahan-perubahan yang dilakukan oleh Izan dan berbagai rintangan membuatnya menjadi makin kokoh. Dia menjadi penulis dan motivator bagi PNS-PNS baru. Izan tetap optimis suatu saat akan ada masa dimana sikap idealis bisa diterima di lingkungan birokrasi    



   2 komentar     |        857 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :
tia marzuki

Negeri ini butuh sosok seperi Izan agar KKN yang sangat mengakar dapat dikikis. Butuh waktu yang lama karena sekarang zamannya serba instant! Semoga dengan membaca cerita ini akan menginspirasi ASN untuk berbuat bagaimana seharusnya, bukan bagaimana biasanya

May 10, 2018, 5:11 am
Annasunita

Izan mesti mengetahui bhw komunitasnya hanya 10%. Dia akan menjadi mahluk aneh di lingk yg 90% tsb.. Adalah sangat bijaksana sosok Izan menyadari sejak awal shg tidak alami kekecewaan kelak… Tidak gampang hidup dilingk ini…bahkan ditempat saya bekerja jelas2 sdh nilep uang kantor namun dibiarkan lenggang kangkung…

May 10, 2018, 3:00 am

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama