Ingat saya
Cover



penulis : dewilinggasari
dibuat : Monday, 29 May 2017 6:59 pm
diubah : 5 bulan yang lalu
vote cerita :
1 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 51 vote, average: 3.00 out of 5 (1 votes, rata-rata: 3.00 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

B I A N G L A L A –Catatan Etnografi

SINOPSIS

Bila diandaikan sebagai komposisi warna, kebudayaan memiliki rupa yang indah seakan bianglala yang melengkung di batas senja, usai rinai gerimis mereda. Merah, jingga, kuning, hijau, biru, nila, ungu, adalah warna semesta yang membias menghiasi langit. Angkasa bukan hampa adanya, setelah matahari, bulan, bintang, mega, dan warna biru sebagai ukuran jarak yang teramat jauh, masih ada lengkung bianglala melengkapi penghui angkasa. Kebudayaan satu masyarakat selalu berbeda dengan masyarakat yang lain, dengan demikian maka masing-masing etnis memiliki karakter yang berbeda dengan etnis lain, meski bermukim pada satu pulau, dibatasi hutan serta sungai-sungai. Bahkan selat yang dapat ditempuh dalam waktu 20 menit dengan meumpang kapal feri telah memberikan corak budaya yang berbeda dengan pulau di seberangnya. Perbedaan memberikan keragaman dan akan menjadi indah, karena integritas –sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan dan kejujuran. Bhineka Tunggal Ika adalah istilah yang tepat dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Satu warna budaya suku bangsa tertentu dapat berbeda, akan tetapi tetap menjadi bagian dari sebuah komposisi warna.

Kebudayaan membangun karakter, meletakkan fondasi moral secara solid kemudian melahirkan pemimpin yang berpotensi secara langsung maupun tidak langsung mengubah orang-orang di sekitarnya, menjadi lebih baik. Kehidupan adalah membuat hari ini lebih baik dari kemarin dan esok lebih baik dari hari ini. Sebagai Catatan Etnografi, Bianglala adalah komposisi warna dari beragam, life histori, adat isti adat serta kepingan kisah yang secara faktual menyatu dalam kehidupan masyarakat, khususnya di Wilayah Asmat –Papua. Harapan, bahwa catatan ini dapat bermanfaat bagi sekalian peminat yang berkepentingan dengan budaya Asmat –Papua serta budaya etnis di sekitarnya.

 

Selamat Membaca ….



   0 komentar     |        115 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama