Ingat saya
Cover



penulis : yusufsila
dibuat : Sunday, 28 January 2018 8:11 pm
diubah : 3 minggu yang lalu
vote cerita :
1 vote, average: 1.00 out of 51 vote, average: 1.00 out of 51 vote, average: 1.00 out of 51 vote, average: 1.00 out of 51 vote, average: 1.00 out of 5 (1 votes, rata-rata: 1.00 dari 5)
Anda harus masuk untuk memberikan rating cerita ini.
Loading ... Loading ...
  Tag


  Kategori

FrankFurt

200 SOAL KOMPETISI MATEMATIKA MATERI BANGUN DATAR

SINOPSIS

Buku ini berisi soal-soal kompetisi matematika tentang bangun datar. Ada 200 soal yang disajikan dalam buku ini disertai dengan pembahasannya. Soal-soal diambil dari soal-soal kompetisi matematika internasional seperti American Mathematics Competition (AMC) dari Mathematical Assotiation of America (MAA), The Centre for Education in Mathematics and Computing (CEMC) dari University of Waterloo Kanada, Senior Mathematics Challenge (SMC) dari United Kingdom Mathematics Trust (UKMT), serta dari Elementary Mathematics International Competition (EMIC).

Materi soal yang dipilih adalah soal-soal yang sangat berbobot dan sangat menantang. Dari materi soal yang terpilih, tergambar bahwa permasalahan dalam bangun datar sangatlah kompleks. Seorang siswa tidak akan mampu menyelesaikan soal-soal yang disajikan dalam buku ini kalau hanya bermodalkan hafalan rumus-rumus bangun datar semata, karena soal-soal yang disajikan dalam buku ini membutuhkan penalaran yang tinggi. Setiap soal tidak hanya menggunakan satu konsep bangun datar, tetapi melibatkan dua atau tiga konsep bangun datar.

Buku ini sangat bermanfaat bagi para siswa dalam persiapan menghadapi ajang perlombaan Olimpiade Sains Nasional (OSN) bidang matematika, terutama sekali bagi siswa SMP. Buku ini juga sangat besar manfaatnya bagi para guru matematika, terutama sekali guru pembina olimpiade matematika tingkat SMP. Bagi siswa, buku ini bisa menjadi bahan belajar mandiri karena setiap soal yang disajikan dalam buku ini disertai dengan pembahasannya. Sementara bagi guru, buku ini sangat bermanfaat sebagai materi soal yang akan diberikan kepada siswanya, baik untuk siswa yang mengikuti pembinaan olimpiade matematika maupun sebagai materi pengayaan dalam kegiatan pembelajaran reguler.

 

Yang sangat menarik, pembahasan setiap soal dalam buku ini semuanya menggunakan konsep geometri analitik tanpa bantuan konsep trigonometri. Pembahasan setiap soal diberikan sedetail mungkin langkah per langkah. Walau banyak pembahasan soal yang cukup panjang, namun pembahasan tersebut mampu memberikan gambaran yang jelas tentang langkah-langkah penyelesaian soal. Hal ini tentu akan sangat berbeda dengan pembahasan yang bersifat instan dengan bantuan konsep trigonometri. Tujuan dari pembahasan soal yang murni menggunakan konsep geometri tersebut adalah agar siswa benar-benar mampu mendalami konsep geometri analitik tersebut secara utuh, sehingga akan mudah untuk memahami konsep trigonometri.

Buku ini disajikan dalam tiga bab, yaitu bab pertama tentang beberapa rumus-rumus penting dalam bangun datar, bab kedua berisi 200 soal yang sangat menantang, serta bab ketiga yang berisi pembahasan dari soal-soal yang disajikan dalam bab kedua. Tebal buku dari bab pertama hingga bab ketiga hanya 105 halaman kertas ukuran A4.

 

 



   0 komentar     |        54 views

Untuk melaporkan cerita ini kamu harus masuk dulu.

Tinggalkan komentar

Anda harus masuk untuk meninggalkan komentar


komentar :

  
Powered by Gramedia Pustaka Utama